Dalam artikel kali ini kita akan membahas mengenai jenis jneis motherboard komputer gaming. Spesifikasi komputer gaming merupakan hal yang sangat penting, bagi seorang gamer. Bagian komponen komputer yang paling penting adalah bagian motherboard. Karena motherboard menentukan kualitas lancarnya beberapa program di dalam komputer khususnya untuk keperluan gaming.

Saat ini produsen pun sudah menyediakan sebuah motherboard gaming bagi para gamer yang digunakan spesial untuk gaming. Motherboard gaming ini dilengkapi dengan komponen yang jauh lebih tinggi dibandingkan jenis motherboard biasa. Untuk mengetahui seperti apa Jenis Motherboard Gaming itu, berikut akan kita bahas.

1. Motherboard Entry Level

Jika kalian hanya ingin memainkan game-game lama atau beberapa tahun yang lalu, maka motherboard Entry level bisa menjadi pilihan terbaik. Komponen motherboard ini bisa dibilang tidak begitu mewah atau bahkan biasa saja. Walau begitu, motherboard ini bisa digunakan untuk mendukung beberapa hardware terbaru. Umumnya perangkat keras komputer yang digunakan masih menggunakan jenis lama, serta belum mendukung beberapa hardware dengan tipe baru. Contohnya bisa dilihat dibawah.

  • Gigabyte GA-A320M-52H

Processor AMD dengan tipe Ryzen dan Athlon sudahh mendukung untuk Motherboard ini. Motherboard ini memiliki dua slot RAM dengan tipe DDR4. Dan Motherboard ini juga sudah mendukung output display luar seperti HDMI, DVI-D hingga D-sub. Krena sudah mendukung outuput tersebut, maka kalian dapat menggunakan dua layar secara bersamaan. Kelebihan lainnya adalah memiliki aplikasi khusus agar bisa memantau motherboard saat dijalankan. Harganya pun hanya sekitar 800 ribu rupiah saja.

Artike Lainnya  Game terpopuler di Turnamen Esports dunia : Part 2

2. Motherboard Medium Level

Jenis ini termasuk ke dalam jenis motherboard yang sering digunakan para gamer saat ini. Alasannya adalah karena beberapa komponennya sudah mendukung beberapa spesifikasi game yang ditawarkan. Contohnya adalah motherboard ini sudah memiliki chipset yang cocok untuk memainkan PUBG di komputer. Motherboard tipe medium ini sudah cukup banyak seperti ini.

  • Motherboard Asrock Z87 Extreme6

Motherboard yang ini adalah bagian dari Asrock. Seperti dengan poin sebelumnya bahwa motherboard buatan Asrock memiliki keunggulan yang tidak kalah dengan seri Asrock terdahulunya. Sudah terdapat VGA yang menggunakan jenis onboard. Walau begitu, VGA yang digunakan sudah masuk ke dalam kategori VGA entry Level. Dengan memakai VGA tersebut, kalian bisa menjalankan beberapa game yang cukup berat seperti Grand Theft Auto V. Harga Motherboard inipun tidak jauh berbeda dengan jenis motherboard sebelumnya yakni sekitar dua jutaan saja.

  • Motherboard Gigabyte GA-H97N-WIFI

Selanjutnya adalah dari brand Gigabyte. Brand Gigabyte ini termasuk ke dalam brand yang sudah cukup terkenal buat para gamer PC ataupun pecinta komputer. Kelebihan dari motherboard ini adalah sudah mendukung berbagai generasi, mulai dari generasi 4 hingga generasi 5. Selain itu juga, sesuai dengan nama yang diusung, motherboard ini sudah terpasang Wifi serta VGA onboard. Harganya pun cukup murah, yakni sekitar dua juta kurang.

3. Motherboard High End Level

Untuk Motherboard ini sudah dibekali dengan hardware yang memiliki level tinggi. Dengan hardware yang tinggi tersebut, kalian dapat memainkan game-game yang berkebutuhan spek tinggi juga. Dari sisi performa yang ditawarkan, motherboard tipe ini juga memiliki komponen yang cukup tinggi. Beberapa contoh dari tipe motherboard ini adalah :

  • Motherboard MSI Z370 Gaming Plus
Artike Lainnya  Membuat Cloud VPS di Serverspace.io dan remote SSH dengan Putty

Jenis Motherboard ini sudah dibekali dengan chipset Intel yang dapat mendukung hingga generasi kedelapan atau dapat menggunakan jenis processor Intel seri K. Motherboard ini mempunyai kelebihan dengan slot RAM komputer yang berjumlah empat buah. Jenis RAM yang dapat digunakan pun sudah sampai DDR4. Kelebihan yang adalah Motherboard ini sudah didukung dengan Intel Extreme Memory Profile. Dengan didukungnya fitur ini sistem komputer dapat ditingkatkan menjadi lebih tinggi. Harga dari motherboard ini mencapai 2,7 jutaan Rupiah.

  • Motherboard Gigabyte AORUS GA-AX370 Gaming K7

Motherboard Gigabyte yang satu ini digunakan khusus untuk tipe motherboard kelas atas. Keunggulan dari motherboard ini adalah memiliki SmartFan 5. Fitur tersebut dapat digunakan untuk mengatur suhu dengan sensor tertentu, sehingga suhu yang dihasilkan tetap terjaga. Fitur dari SmartFan 5 ini juga dilengkapi dengan sensor suhu yang berjumlah sembilan buah dan ditambah lagi dengan delapan buah header fan hybrid. Harga yang ditawarkan dari Motherboard tipe ini mencapai 2,5 jutaan Rupiah.

4. Motherboard Extreme Level

Yang terakhir adalah jenis motherboard yang hanya dapat dimiliki oleh perusahaan atau pengembang game saja. Segi fitur yang ditawarkan pun sudah tidak bisa diragukan lagi. Hal ini juga sangat berpengaruh dari sisi harganya yang sangat mahal. Contoh dari motherboard ini adalah :

  • Motherboard ASUS ROG Maximus IX Hero

Motherboard jenis ini memiliki performa yang sangat baik bagi gamer tipe hardcore. Fitur yang paling di unggulan dari motherboard tipe ini adalah memiliki overlock. Dengan adanya fitur overlock ini, performa dari setiap komponen dapat dicapai hingga level maksimal. Motherboard ini juga dilengkapi dengan banyak pin fan sehingga suhunya pun bisa dijaga dengan baik meskipun pengguna menggunakan komputernya selama mungkin. Harga yang ditawarkan bisa mencapai 5,5 juta Rupiah.

  • Motherboard Gigabyte Aorus Z270X-Gaming 9
Artike Lainnya  Tips dan trik Perawatan Laptop agar bersih

Gigabyte juga memiliki motherboard yang khusus digunakan untuk gamer tipe hard. Fitur yang ditawarkan oleh motherboard ini juga sangat mendukung untuk aktivitas bermain game. Contohnya saja seperti terdapat chipset EK hybrid block water cooling. Fitur ini membuat proses pembuangan panas di dalam motherboard ini juga memiliki kualitas yang sangat tinggi. Motherboard ini ditawarkan hingga 8,5 Juta Rupiah.

Itulah beberapa referensi dari JenisĀ  Jenis Motherboard Gaming, jika kalian berminat untuk membeli atau merakit sebuah PC gaming, ada baiknya kalian pertimbangkan terlebih dahulu kebutuhannya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi para pembaca. Terimakasih.