Tugas-tugas kuliah sebagian besar tak jauh dari dunia fotocopy dan ngeprint dokumen. Mahasiswa yang tidak mau repot, melakukan fotocopy atau ngeprint dokumen miliknya ke tempat fotocopy, biaya fotocopy atau ngeprint di tempat sekitar kampus biasanya relatif murah, tapi jika di kalkulasi selama kita melakukan fotocopy atau ngeprint dalam waktu satu bulan pasti nominalnya sangat lumayan banyak. Beberapa mahasiswa lainnya ada yang lebih memilih membeli printer sendiri untuk kebutuhan tugas kuliahnya, karena bisa lebih hemat.

Nah, bagi kalian para mahasiswa atau siapapun yang baru membeli printer, ada beberapa langkah-langkah yang harus di lakukan loh supaya nanti tidak menyesal ketika printer mengalami masalah, mungkin karena di antara teman-teman mengalami kesulitan dalam melakukan instalasi sendiri printer Epson L100 & L200-nya. Dalam kesempatan kali ini saya akan berbagi cara mengisi tinta dan instal ulang driver pada printer Epson L100 & L200.

Kita Mulai Dengan Langkah-Langkah Pengisian Tinta:

Pastikan semua selotip biru sudah di lepas, termasuk selotip yang tertempel di tempat catridge.

Jangan membuang botol tinta setelah di isi ke tabung karena di botol tinta terdapat kode ID yang akan di masukkan ke komputer atau laptop pada saat proses instalasi driver.

Sebelum melakukan Ink Charging pastikan katup pengunci tinta sudah terbuka dengan posisi mengarah ke atas.

Driver printer L100 & L200 sudah compatible dengan Windows OS, MAC OS.

Langkah Pengisian Awal Tinta Printer Epson L100 & L200

  1. Hidupkan terlebih dahulu printernya.
  2. Lepaskan tangki tinta dari printer dengan cara di angkat ke atas tangkinya, kemudian tangki dibaringkan.
  3. Buka penutup pada tangki tinta, kemudian lepaskan penyumbat pada tangki tinta.
  4. Ambil botol tinta (gunakan tinta original dari Epson sesuai dengan tipe printer), lepaskan penutup botolnya dengan cara memutar, lalu lepaskan pelindung plastik pada tutup botol, kemudian tutup kembali dan rapatkan tutup botolnya.
  5. Isi tinta ke dalam tangki sesuai dengan warna masing-masing. Tuangkan tinta sampai isi di botol habis, karena isi tinta dalam botol sesuai dengan ukuran pada tangki tinta. Setelah selesai, botol tinta jangan langsung di buang karena di botol tertera ID (nomor seri) yang akan digunakan pada saat Charging.
  6. Selesai tangki tinta sudah terisi semua, pasang sumbat pada lubang pengisian tinta, kemudian pasang kembali penutup tangki tinta seperti awalnya.
  7. Pasangkan tangki tinta ke printer, kemudian pastikan pengunci tinta yang terdapat di tangki sudah mengarah ke atas, bukan ke bawah atau ke samping.
Artike Lainnya  Tetep produktif walaupun bekerja dari rumah

Langkah isi tinta selesai selanjutnya untuk instalasi printer epson l100 dan l200 yang baru ini dengan menginstall driver kedalam komputer atau laptop kalian.

Langkah Install Driver & Pengisian ID Tinta

  • Sebelum melakukan install driver Epson L100/L200, pastikan kembali katup pengunci pada tangki tinta sudah mengarah ke atas. Jika posisi arahnya ke bawah akan menyumbat aliran tinta, digunakan jika printer di pindahkan ke tempat lain atau printer tidak di gunakan dalam jangka waktu yang lama. Pada saat printer ingin digunakan atau printer siap untuk mencetak maka katup pengunci harus mengarah ke atas.

instalasi printer epson l100

  • Instal driver Epson L100/L200 menggunakan CD yang di ikut sertakan dalam paket pembelian printer. Pada aplikasi Epson install Navi, pilih Easy Install dan ikuti langkah-langkahnya sampai selesai.

instalasi printer epson l100

  • Setelah proses install driver selesai, lakukan langkah berikut:
  • Masuk ke menu “Printing Preferense” dengan cara, klik tombol “Start pada Windows Pilih “Printers and Faxes”.
  • Pilih Printer yang di gunakan Klik kanan pada Printer Pilih “Printing Preference”.
  • Di menu “Printing Preference” Pilih Tab “Maintance”.
  • Kemudian Pilih “Epson Status Monitor 3”.

  • Muncul tampilan “Initial Setup Error”, abaikan saja dan tunggu sampai muncul tampilan “Ink Charging”, dan pilih “Next”.

  • Kemudian akan muncul tampilan untuk memasukkan ID tinta Epson. Masukkan ID tinta yang tertera di botol sesuai dengan warna masing-masing. Muncul centang hijau jika ID yang di masukkan benar dan merupakan ID tinta original. Jika ID sudah tercentang semua, pilih “Next” untuk lanjut ke tahap terakhir.

  • Proses install driver hampir selesai membutuhkan waktu kurang lebih 20 menit dalam proses “Charging”. Perlu diketahui, selama dalam masa proses “Charging”, LED Printer berkedip secara terus-menerus, dan biarkan saja printernya seperti itu. Setelah Charging selesai, Printer Epson L100/L200 sudah siap untuk di gunakan.
Artike Lainnya  Game seru yang tersembunyi di Google Doodle

instalasi printer epson l100

instalasi printer epson l100

Dan selsai itulah cara untuk instalasi printer espon l100 dan l200 series yang baru kalian beli, dengan cara tersebut kalian langsung bisa menggunakanya untuk berbagai keperluan seperti yang sudah disebutkan diatas.