Beberapa game populer kini sudah banyak ditandingkan dalam bentuk turnamen resmi, yang disebut sebagai esports atau olahraga elektronik. Esports menjadi salah satu olahraga baru yang dipertandingkan dalam laga eksibisi gelaran Asian Games 2018. Pada part 1 sebelumnya telah ditampilkan beberapa daftarnya, berikut kelanjutannya.

  • PES

11320180610122613417

Pro Evolutiom Soccer atau PES merupakan seri video game sepak bola yang dikembangkan oleh Konami. Seri ini diproduksi di bawah pengawasan Shingo Seabass Takatsuka.

Setiap tahun, permainan ini dirilis sekitar akhir September atau awal Oktober dengan dua judul yang berbeda: World Soccer: Winning Eleven di Jepang, dan Pro Evolution Soccer di negara lainnya. Versi Jepang merupakan versi lokal yang termasuk di dalamnya liga sepak bola lokal. Game ini merupakan adaptasi dari pertandingan sepak bola, dan menjadi salah satu game yang dikompetisikan secara eksibisi dalam gelaran Asian Games 2018 di Indonesia.

  • Point Blank

504220181130035748-5c0227ff12ae944b464e5289

Point Blank adalah genre video game dengan ciri utamanya terletak pada penggunaan sudut pandang orang pertama, tampilan layar mensimulasikan apa yang dilihat melalui mata karakter yang dimainkan. Game online yang kini digandrungi remaja di Tanah Air lebih dikenal dengan istilah FPS.

  • Clash Royal

CR_facebook_share_02_180403_175322

Clash Royale, sebuah game Real Time Strategi (RTS) yang dibuat oleh Supercell. Saat ini sudah banyak kompetisi Clash Royale diselenggarakan, dari kompetisi tingkat nasional bahkan internasional, seperti Helsinki Turnamen. Game ini beberapa kali dipertandingkan dengan hadiah besar. Pada 2016, Jason perwakilan dari Finland Assault menjadi juara pertama Clash Royale Helsinki Tournamen dan berhak memboyong uang tunai sebesar €10 ribu atau sekitar Rp 148 juta. Game ini ikut dipertandingkan dalam Asian Games 2018 di Indonesia.

  • Heartstone
Artike Lainnya  Inilah DNS Indihome tercepat dan terbaik 2020

Hearthstone_Battlegrounds_Screenshot_4-960x541

Hearthstone, awalnya bernama Hearthstone: Heroes of Warcraft, permainan kartu video koleksi online gratis yang dikembangkan oleh Blizzard Entertainment. Setelah dirilis pada 11 Maret 2014, Hearthstone dibangun di atas pengetahuan yang ada tentang seri Warcraft dengan menggunakan elemen, karakter, dan relik yang sama. Game ini merupakan permainan kartu turn-based di antara dua lawan, menggunakan dek-dek yang dikontrak dari 30 kartu. Sama seperti Clash Royale, game ini mengharuskan pemain mempertahankan wilayah sekaligus menyerang wilayah lawan. Game ini juga ikut dipertandingkan dalam Asian Games 2018 di Indonesia.

  • League of Legends

9CtRKzuyN4

League of Legends atau biasa disingkat LoL merupakan arena permainan pertempuran online multiplayer yang dikembangkan oleh Riot Games untuk Microsoft. Permainan terinspirasi oleh Warcraft III: The Frozen Throne mod dan Defense of the Ancients . Cara bermainnya, pemain mengasumsikan peran summoner tak terlihat yang mengendalikan juara dengan kemampuan unik dan bertempur melawan tim pemain lain atau juara yang dikendalikan komputer. Tujuannya untuk menghancurkan nexus tim lawan dan struktur yang terletak di jantung pangkalan yang dilindungi oleh struktur pertahanan. Game ini mirip dengan Arena of Valor. Perbedaannya, AOV dimainkan di smartphone sedangkakan LoL dimainkan di PC. Game ini sudah dikenal sejak 2009. Game ini juga ikut dipertandingkan dalam Asian Games 2018 di Indonesia.