Pada umumnya Flashdisk merupakan alat untuk menyimpan data atau file dalam bentuk NAND. Dan juga di perangkat ini ada pengontrol dan area penyimpanan data yang tidak mudah menguap yang tidak dapat hilang meskipun tidak menerima daya. Komponen-komponen dari flash disk ini sederhana dan relatif lebih sedikit dibandingkan dengan harddisk. Flash disk sebagai media penyimpanan pada awalnya tidak sepenting seperti sekarang ini.

Ketika flash disk pertama kali muncul, ia memiliki ukuran kurang dari setengah giga atau hanya 512 MB. Ukurannya lebih kecil dari ukuran CD atau DVD 700 MB. Seiring berjalannya waktu, keberadaan flashdisk ini menjadi sesuatu yang harus diusung hingga terus mengalami kemajuan teknologi. flashdisk telah membuat kemajuan, meningkatkan ukurannya dari 4GB, 8GB,16GB, 32GB, 64GB, 128GB hingga kapasitas 1TB.

Mayoritas orang mengenal flashdisk hanya sebagai media penyimpanan file, Sebagai backup, sebagai media transfer antar file yang mudah dan yang lainnya. Dan tentunya pernyataan itu tidaklah salah. Media USB Flashdisk fungsi utamanya memang itu. Namun ternyata selain fungsi utamanya sebagai tempat penyimpanan, flashdisk memiliki fungsi lain yang mungkin belum banyak kamu ketahui, bisa di katakan ini adalah fungsi rahasia dari sebuah flashdisk. Berikut ulasannya:

1. Menginstal Distribusi Linux

Sebagian besar distribusi Linux dapat di-boot dari CD langsung untuk mencoba berbagai program aplikasi Linux dan lingkungan desktop sebelum memutuskan untuk menginstal. Nah, dalam beberapa tahun terakhir tren laptop tanpa ruang CD sudah mulai meledak. Flash adalah alat pelengkap penting. Kemudian kita dapat menggunakannya untuk membuat “Live USB” yang menggantikan “Live CD” dari Linux.

Artike Lainnya  panduan membuat laboratorium komputer jaringan : part 2

Kami dapat mengunduh perangkat lunak yang sesuai untuk distribusi yang dipilih dan membakar gambar ke USB flash drive sehingga dapat di-boot untuk live CD. Caranya juga sederhana. Selain program distribusi yang Anda gunakan secara default, mis. B. Unetbooting dan sejenisnya, Anda dapat membuat trik yang ada dengan aplikasi ISO CD burning distribusi Linux pada Flashdisk di bawah sistem operasi Windows. Misalnya dengan program LiLi (Linux Live), yang dapat Anda unduh secara gratis dari Internet, misalnya dari Pendrive.

2. Menyelamatkan PC yang terinfeksi virus.

Anda bisa menyelamatkan PC anda menggunakan flashdisk, yaitu dengan menginstall virus scanner pada flahsdisk sehingga bisa diaktifasikan untuk men-scan komputer dan mencari malware pada PC yang terinfeksi. Anda juga bisa me-restore PC tersebut setelah keadaan “crash” karena kena malware melalui aplikasi seperti dari AVG atau Kaspersky.

3. Menjalankan Aplikasi Portabel

Dengan PortableApps.com, pengguna Windows dapat menyimpan program dan file favorit mereka ke flash drive tanpa memulai sistem operasi baru. Jika Anda menghubungkan stik USB, Anda dapat membuka menu “Start” portabel. Faktanya, tidak semua aplikasi didukung, dan Anda mungkin masih harus beralih menggunakan aplikasi open source untuk memaksimalkan aplikasi portabel. Jika Anda memilih alternatif lain, ada juga LiberKey dan winPenPack.

4. Menghubungkan ke Wifi secara cepat

Flash disk ternyata bisa digunakan untuk menghubungkan (connect) komputer ke jaringan Wi-Fi secara cepat sesegera mungkin tanpa harus memasukkan kata kunci (password) berulangkali. Hal ini dimungkinkan karena windows mempunyai fitur yang bisa menyimpan nama jaringan Wi-Fi yang telah digunakan. Kemudian data tersebut bisa kita simpan di flash disk dengan cara klik ikon wireless – klik kanan Wi-Fi yang baru saja digunakan – properties.

Artike Lainnya  Yuk berkenalan dengan Mechanical Keyboard

Perhatikan Tab Connection, klik link Copy this network profile to a USB Flash drive – klik Next, maka seketika windows akan menyalin konfigurasi dan pengaturan profile tersebut ke flash disk. Untuk menggunakan di komputer lain, colokkan flash disk dan double klik file setup SNK.exe maka profil jaringan akan segera terinstal dan komputer sudah siap untuk dikoneksikan.

5. Digunakan Sebagai RAM

Jika komputer Anda melambat dan memiliki flash disk USB dengan ruang kosong, Anda dapat menggunakan antarmuka USB ini untuk meningkatkan kecepatan komputer. Memori flash USB dapat memberi ruang penyimpanan tambahan pada komputer Anda, yang membantu Anda mengelola aplikasi dengan lebih baik dan bekerja lebih cepat. Microsoft menyediakan ReadyBoost untuk mempercepat komputer dengan menggunakan flash sebagai RAM di Windows.

6. Meningkatkan kecepatan komputer

Flash disk juga bisa digunakan untuk meningkatkan kinerja kmputer yang lambat. Dengan bantuan sebuah aplikasi yang bernama readyboost. Jika kinerja hard disk lebih lambat dari flah disk Anda, readyboost akan membaca cache file yang sering dibuka dari flash disk, sehingga bisa meningkatkan kecepatan komputer.

7. Partisi Hardisk

Mempartisi hard drive komputer dapat disederhanakan dengan menginstal program “Parted Magic” pada flash disk. Partisi sulit dan berbahaya jika sistem operasi berjalan dari hard disk yang dimaksud. Namun, boot dari flash drive menghilangkan beberapa risiko dan sangat menyederhanakan seluruh proses.

8. Bermain Permainan

Meskipun tidak persis sama dengan apa yang disebut sebagai “game portabel”, Anda dapat menginstal game tertentu pada flash yang memungkinkan Anda untuk memainkan game melalui database pada flash (tentu saja, dengan sistem operasi pada PC yang sama ) ke Contoh permainan “Minecraft”.

Artike Lainnya  Cara setting jam dan tanggal di windows 10

9. Sarana Untuk Menginstal OS

Bagi anda yang CD/ DVD Roomnya bermasalah anda dapat menggunakan flashdisk untuk menginstall ulang komputer anda.

10. Membuat File-file Aman

Anda dapat mengonversi seluruh flash disk ke partisi terenkripsi untuk melindungi file pribadi dari Prankster. Anda juga memiliki opsi untuk melakukan boot flash normal, tetapi yang berisi partisi terpisah yang mengenkripsi file yang tersimpan di dalamnya. Untuk tingkat keamanan tambahan, Anda juga dapat mengatur perlindungan kata sandi untuk partisi terenkripsi Anda. Aplikasi “BitLocker To-Go” dapat digunakan untuk ini.

11. Mengunci dan Membuka Komputer

Flash disk dapat digunakan sebagai sebuah “kunci” untuk mengunci dan membuka perangkat komputer Anda. Seperti dalam sebuah film fiksi, Anda cukup mecolokkan flash disk untuk membuka, dan ketika flash disk dicabut maka seketika komputer PC akan otomatis terkunci (locked). Untuk menggunakan fungsi ini, Anda harus memasang aplikasi bernama Predator. Fitus tersembunyi flashdisk ini akan berfungsi layaknya lock Function manual windows, hanya saja jika menggunakan flash disk Anda tak perlu repot-repot memasukkan kata kunci. Aplikasi predator dapatdiunduh di sini

12. Sinkronisasi Files Secara Otomatis

Aplikasi SyncToy, SyncBack SE atau GoodSync2Go adalah sebuah program yang dapat dimasukkan ke dalam flash disk untuk mengotomatiskan pemindaian dan sinkronisasi berbagai file pada PC dan flash disk.

Semoga bermanfaat, terima kasih.