Kecanduan gadget telah menjadi salah satu pilihan gaya hidup yang paling banyak diderita oleh masyarakat di berbagai belahan dunia.

Salah satu produsen ponsel terkemuka pernah melakukan penelitian kecil-kecilan tentang dampak gadget terhadap kehidupan manusia. Benarkah generasi saat ini sangat membutuhkannya atau justru sedang menuju kecanduan teknologi?

Berikut ini adalah beberapa fakta yang mengungkap sejauh mana ketergantungan manusia terhadap teknologi:

  1. Rata-rata orang memeriksa telepon mereka setiap enam setengah menit pasti. Dalam sebuah studi yang dilakukan oleh salah satu brand yaitu Nokia, seperti dikutip dari Huffington Post, terungkap bahwa dalam kurun waktu kurang lebih 16 jam mereka mengecek ponsel rata-rata 150 kali per hari.
  2. Studi yang dilakukan Nokia telah menemukan bahwa satu dari empat orang telah mengakui bahwa mereka menghabiskan lebih banyak waktu online setiap hari daripada tidur atau istirahat.
  3. Menurut survei terhadap lebih dari 1.500 orang dewasa oleh OnePoll, warga Inggris telah menghabiskan sekitar 62 juta jam setiap hari di media sosial online.
  4. Survei yang sama juga menemukan bahwa lebih dari seperempat (26 persen) wanita di Inggris memeriksa aplikasi Facebook setidaknya 10 kali sehari, sementara satu dari lima pria (18 persen) memeriksa aplikasi Facebook 10 kali dalam satu hari.
  5. Kecanduan aplikasi Twitter dan Facebook lebih besar dari kecanduan merokok. Sebuah studi yang dilakukan oleh organisasi ECigaretteDirect.co.uk bertanya kepada lebih dari 700 orang tentang beberapa aspek kecanduan mereka terhadap teknologi, dan sebagian besar mengatakan mereka ingin berhenti dari kecanduan teknologi.
  6. Hampir dari 70 persen anak berpikir bahwa orang tua mereka menghabiskan terlalu banyak waktu di ponsel, iPad, atau perangkat serupa lainnya. Sebuah studi yang dilakukan oleh organisasi Opinion Matters telah menemukan bahwa lebih dari sepertiga anak-anak sangat khawatir bahwa orang tua mereka tidak dapat menghentikan kecanduan mereka terhadap suatu teknologi.
  7. Menurut laporan pemerintah, proporsi anak muda yang bermain game komputer selama dua jam atau lebih dalam seminggu di Inggris telah meningkat pesat dari 42 persen menjadi 55 persen di antara anak laki-laki, dan 14 – 20 persen di antara anak perempuan. dalam kurun waktu 2006 dan 2010.
  8. Pada tahun 2010, sebuah studi oleh Pew Research Center di Washington DC menemukan bahwa satu dari tiga remaja mengirim lebih dari 100 pesan teks (sms) per hari.
Artike Lainnya  Pengenalan dasar OS Linux [Linux Series: #1]

Itulah fakta-fakta ketergantungan manusia terhadap teknologi berdasarkan studi peneleitian yang pernah dilakukan. Semoga dapat memberikan pengetahuan baru kepada Anda semua, Terima kasih.