Kebanyakan orang ketika menggunakan laptopnya tidak terlalu memperhatikan cara menggunakan, tempat penggunaanya sehingga akan cepat mempengaruhi daya dan performa, nah untuk itu kita akan membahas mengenai tips dan trik untuk menggunakan laptop secara benar untuk tetap menjaga performa laptop agar terus optimal dan tidak mudah rusak. Nah minin sudah merangkum beberapa tips dan trik untuk merawat laptop agat awet. Langsung saja silahkan simak beberapa tips berikut ini:

1. Jangan pakai laptop diatas kasur

Kebiasaan banyak orang adalah bermain laptop di atas kasur, padahal ini sangat tidak baik , karena menggunakan laptop diatas kasur dapat menghambat sirkulasi udara didalam laptop,Akibatnya laptop kamu akan mengalami overheat atau kelebihan suhu dari hardware meningkat dan bisa cepat merusak laptop kita.

Laptop adalah barang elektronik yang pastinya sangat rentan terhadap kerusakan,apalagi bila terkena air ,karena apabila laptop terkena air yang mengenai bagian-bagian tertentu sudah dipastikan laptop akan sulit untuk diperbaiki.

2. Selalu shutdown laptop

Tidak seperti desktop PC, laptop harus dimatikan ketika tidak digunakan. Mematikannya saat tidak digunakan akan mencegah laptop cepat panas, sekaligus memberikan waktu istirahat bagi perangkat kesayangan kita.

3. Jangan langsung tutup LCD setelah dimatikan pada saat menyala

Ketika laptop baru dimatikan, panas yang dihasilkan dari laptop belum sepenuhnya hilang, seharusnya kita menunggu beberapa menit setelah laptop benar-benar sudah mati agar panas itu sudah hilang ,karena itu mempengaruhi terhadap kesehatan laptop kita.

4. Rutin membersihkan laptop

Cobalah kita selalu rutin, minimal tiga minggu sekali, memeriksa dan membersihkan komponen keras yang ada pada laptop. Seperti yang kita tahu, debu merupakan salah satu biang masalah bagi laptop. Jika tidak dibersihkan, debu yang menumpuk di sela-sela ventilasi, mainboard, maupun kipas laptop dapat menyebabkan laptop cepat panas (overheating). Kita bisa membersihkannya sendiri menggunakan kain halus dan cotton bud untuk menjangkau sudut-sudut sempit laptop, seperti kipas pendingin.

5. Jangan Browsing dan Download sembarangan

Kita pasti sangat benci dan tidak ingin membuat laptop kita terserang oleh virus, karena virus pasti akan mengganggu kinerja dari laptop kita. Virus sebagian besar ternyata berasal dari situs-situs tidak jelas yang kita akses, situs yang melakukan transfer file maupun aplikasi yang kita download dan instal sembarangan. Untuk itu setiap kali browsing di internet , pastikan anti virus dari laptop kita aktif agar laptop yang kita pakai terlindung dari virus

6. Selalu pasang Antivirus yang Bagus

Pada point sebelumnya. Saya membahas sedikit tentang download file dari browser yang rawan virus, untuk itu maka laptop kita harus sudah terinstal Antivirus yang up to date dan yang pasti bagus untuk proteksi laptop kita agar virus tidak mau masuk laptop kita apalagi untuk era milenial sekarang penyebaran virus sudah sangat rawan maka dari itu jangan lupa memasang atau membeli Antivirus yang terpercaya.

7. Jangan Gunakan Laptop Terlalu lama

Terkadang, saat kita terlalu asyik mengerjakan tugas, atau bermain game kita suka lupa waktu hingga seharian berada di depan laptop, seharusnya kita harus memberikan laptop waktu untuk istirahat agar laptop tidak cepat panas dan umurnya bisa bertahan lebih panjang, Karena laptop tidak mungkin untuk diajak bekerja keras dan terlalu lama.

8. Jangan menaruh sembarangan benda diatas laptop

Apabila kita menutup laptop , jangan taruh benda berat apapun diatas laptop karena itu dapat mempengaruhi kesehatan laptop, karena apabila laptop tertekan dengan benda berat yang kita simpan diatas bisa jadi layar atau lcd laptop anda akan mengalami masalah.

Artike Lainnya  Penyebab Paling Umum yang Membuat Laptop Mati

9. Jangan Sampai Baterai 0%

Pakailah laptop laptop sesuai standartnya. Setiap orang mempunyai cara tersendiri memakai laptop mereka, ada beberapa orang yang sebelum baterai mencapai 20% mereka sudah mematikan serta mengecasnya dan ada juga mereka yang pantang shutdown sebelum 0% baterainya. Hal ini jangan sampai dijadikan tradisi yang terus menerus kita lakukan. Memakai laptop hingga mati karena 0% akan mengurangi daya tahan baterai. Yang dulunya bisa tahan sampai 4 jam, karena keseringan digunakan seperti jadinya hanya tahan sampai 1 jam saja. Hindarilah memakai laptop sampai 0%, usahakan segera mematikannya sebelum daya baterai mencapai 20%, supaya baterai lebih awet.

Semoga tips di atas bisa bermanfaat. So, jangan malas dan meremehkan kondisi laptop yang masih baru. Meskipun terlihat sedikit ribet, tapi cara ini akan membantumu menekan pengeluaran servis dan bahkan membeli perangkat baru.