Terkadang, file dengan format PDF memiliki ukuran yang cukup besar. Meski ukuran tersebut tidak masalah bagi komputer, smartphone dengan kapasitas minim akan menjadi masalah. Karena itu, perlu cara mengecilkan resolusi PDF untuk menghemat kapasitas ruangan.

Saat ini, ada berbagai situs dan aplikasi yang dapat mengecilkan resolusi file PDF dengan mudah. Namun, tentu saja ingin aplikasi atau situs online yang lebih kredibel. Jangan khawatir, karena di bawah ini dapat dipercaya sebagai pengecil resolusi file PDF.

A. Mengecilkan Resolusi PDF Dengan Aplikasi MS Word

Untuk mengecilkan resolusi PDF, dapat menggunakan program Microsoft Word. Kelebihan dari MS Word ini adalah tidak perlu menggunakan internet. Sayangnya, ini hanya berlaku untuk Microsoft Word 2013 ke atas. Berikut cara mengecilkan resolusi PDF dengan MS Word:

1. Buka File PDF Melalui Microsoft Word

Mula-mula, buka program Microsoft Word yang ada pada komputer atau laptop. Lalu, buka file PDF yang ingin dikompres resolusinya. Dengan cara alternatif, dapat mengklik file PDF dengan mouse kanan, dan pilih Open With > Word.

2. Simpan File Dengan Save As

Setelah itu, MS Word akan memproses file PDF agar dapat dibaca di MS Word. Jika sudah selesai, klik kolom File lalu pilih Save As, bukan Save. Kemudian dapat mengklik Browse untuk memilih dimana file tersebut akan disimpan.

3. Atur Ukuran Menjadi Minimum Size

Terakhir, pastikan format yang dipilih pada Save Type As adalah PDF. Di bawahnya, terdapat pilihan apakah ingin mengkompres file menjadi ukuran standar atau minim untuk online publishing. Pilih Minimum Size, lalu tekan Save.

B. Mengecilkan Resolusi PDF Dengan Adobe Acrobat Pro

Selain program MS Word, ada program lain yaitu Adobe Acrobat Pro. Biasanya, program ini dulunya sering diinstall pada komputer untuk membaca file PDF sebelum internet marak digunakan. Langsung saja, begini cara mengecilkan resolusi PDF dengan Adobe Acrobat Pro:

  • Jalankan program Adobe Acrobat Pro pada komputer atau laptop.
  • Buka file PDF yang ingin dikompres melalui File > Open.
  • Simpan kembali file dengan Save as Other.
  • Pilih Reduce Size PDF pada kolom di bawah Make Compatible With.
  • Ubah nama file PDF yang dikompres, lalu klik OK.
Artike Lainnya  memperbaiki RAM yang tidak bisa terbaca di komputer

C. Mengecilkan Resolusi PDF Dengan Situs iLovePDF

Apabila menggunakan browser smartphone, maka situs online iLovePDF dapat menjadi solusi untuk mengkompres file PDF. iLovePDF sering digunakan karena tampilannya yang cantik dan profesional, serta memiliki beragam fitur selain sebagai kompresor. Berikut cara mengecilkan resolusi PDF dengan situs iLovePDF:

1. Kunjungi Situs iLovePDF Melalui Browser

Mula-mula, buka browser pada smartphone, lalu kunjungi situs iLovePDF. Kamu juga dapat membuka situs dengan browser komputer bila berkenan. Untuk kepraktisan, dapat mengunjungi link https://www.ilovepdf.com.

2. Pilih Opsi Compress PDF Pada Halaman

Pada halaman utama iLovePDF, dapat melihat begitu banyak alat yang berada pada situs ini. Pada kolom atas, pilih Compress PDF untuk melakukan proses kompres pada file PDF.

3. Upload File PDF Yang Ingin Dikompres

Kemudian, klik Select PDF Files untuk mengunggah file PDF yang ingin dikompres. Bagi pengguna komputer, hanya tinggal menggeser file PDF ke area “or drops PDF here”. Selain itu, juga dapat memilih file PDF dari Google Drive atau Dropbox.

4. Tunggu Hingga Proses Selesai

Terakhir, kamu dapat memilih tipe kompres yang diinginkan. Direkomendasikan untuk memilih Good Compression agar kualitas PDF tidak terlalu buruk. Setelah itu, pilih Compress PDF dan tunggu sampai download file PDF otomatis keluar.

Sekian penjelasan mengenai cara mengecilkan resolusi PDF dengan program atau situs online. Kamu dapat melihat betapa kecilnya hasil file yang sudah dikompresi, bila dibandingkan dengan sebelumnya. Kini, tidak perlu khawatir lagi dengan ukuran PDF yang besar.