Mungkin kalian pernah menjumpai PC atau laptop anda tidak keluar tampilan windows saat dinyalakan, salah satu penyebabnya adalah mungkin RAM yang kotor. Di pembahasan kali ini kita akan mempraktekan cara membersihkan RAM laptop, dengan asumsi kita sudah melepas RAM dari Motherboard PC atau laptop.

Sebelum kita mempraktekan cara membersihkan ram laptop atau komputer, alangkah baiknya untuk sedikit mengetahui dasar tentang RAM itu sendiri. Berikut pengertian umum tentang RAM :

Pengertian RAM Secara Umum

Dikutip dari Wikipedia RAM atau Random Access Memory adalah sebuah tipe penyimpanan komputer yang isinya dapat diakses dalam waktu yang tetap tidak memperdulikan letak data tersebut dalam memori. Ini berlawanan dengan alat memori urut, seperti tape magnetik, disk dan drum, di mana gerakan mekanikal dari media penyimpanan memaksa komputer untuk mengakses data secara berurutan.

Agak susah dimengerti memang pengertian dari Wikipedia, menurut saya pribadi intinya RAM itu jenis penyimpanan komputer yang digunakan untuk mengelola aplikasi yang sedang kita jalankan, besar kecilnya ukuran RAM yang digunakan pada PC atau laptop kita akan mempengaruhi kinerjanya.

Itulah sedikit pengertian umum dari RAM, selanjutnya kita akan mulai cara membersihkan ram pc atau laptop. Sedikit mengingatkan disini saya mengasumsikan bahwa RAM sudah siap untuk dibersihkan, dengan kata lain RAM sudah lepas dari motherboard PC atau laptop kalian. Cara yang biasa saya gunakan ada dua metode, yang pertama adalah menggunakan contact cleaner dan yang kedua dengan menggunakan penghapus pensil. Lebih jelasnya simak penjelasan dibawah :

Artike Lainnya  Permainan Tradisional Bisa dilakukan Bersama Keluarga Dirumah

Cara Membersihkan RAM dengan Contact Cleaner

membersihkan ram laptop dan komputer

 

Contact cleaner adalah cairan pembersih yang digunakan untuk membersihkan komponen-komponen elektronik, dan cairan ini sangat aman meskipun dipakai atau disemprotkan pada ic (integrated circuit) motherboard sekalipun karena pada dasarnya memang khusus digunakan untuk pembersih komponen elektronik. Untuk cara ini saya menggunakan RAM PC sebagai contohnya.

  • Semprotkan contact cleaner pada bagian pin atau kuningan ram, cukup di pin nya saja yang disemprot dan lakukan hal yang sama pada bagian sebaliknya.
membersihkan ram laptop dan komputer

(pembersihan ram dengan contact cleaner)

 

  • Kemudian usap dengan tisu bagian pin yang tadi sudah disemprot, jika tidak ada tisu bisa gunakan kain lap yang bersih. Usap perlahan dan searah dari atas kebawah, jika sudah keringkan sebentar sebelum dipasang kembali.
memberishkan ram laptop dan komputer

(pembersihan pin dengan tisu)

 

  • Bersihkan sampai pin terlihat mengkilap tanpa adanya kotoran, sebagai contoh bisa lihat gambar di bawah.
membersihkan ram laptop dan komputer

(RAM PC setelah dibersihkan)

 

Cara Membersihkan RAM dengan Penghapus

Metode ini bisa dibilang adalah cara yang paling mudah dan bisa dipakai jika kalian tidak mempunyai contact cleaner,namun untuk tingkat kebersihan masih menggunakan contact cleaner. Pada metode ini saya menggunakan RAM laptop sebagai contohnya. Hampir sama dengan cara yang pertama bersihkan cukup dibagian pin nya saja, dengan cara digosokan satu arah hingga bersih.

  • Gosok pin RAM dengan penghapus pensil secara perlahan dan searah.
membersihkan ram laptop komputer

(pembersihan RAM laptop dengan penghapus)

 

  • Bersihkan sampai pin terlihat mengkilap, sebagai contoh lihat gambar di bawah.
memberisihkan ram laptop komputer

(RAM Laptop setelah dibersihkan)

 

Itulah cara yang biasa saya gunakan untuk membersihkan RAM pada laptop atau komputer semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kalian.

Artike Lainnya  Cara menginstal dan setting plugin LiteSpeed ​​Cache WordPress