Apa itu winrar ? Bagi para pengguna Komputer atau Laptop yang bersistem operasi Windows 10 atau versi windows yang lain, wajib memiliki aplikasi untuk ekstrak file. Apalagi hampir 80% data-data yang kita jumpai biasanya berbentuk dalam format kompress. Untuk saat ini sudah banyak tersedia berbagai jenis aplikasi ekstrak tersebut, Salah satu yang paling terkenal ialah Winrar. kebanyakan orang hanya tau dan bisa menggunakannya saja, tetapi belum banyak yang tahu bagaimana cara menginstal winrar ini di PC atau Laptop yang dipakai. Padahal cara memasang Winrar di Windows ini nggak sulit-sulit amat. Untuk kali ini saya ingin membahas caranya.. ini bisa diterapkan di semua versi Windows (7, 8, dan Windows 10).

A. Cara Download Winrar

Cara untuk mendownload Winrar sangatlah mudah. Karena aplikasi ini memiliki situs resmi, dan kita bisa mendapatkan filenya langsung darisana secara gratis, namun ada juga yang berbayar untuk fitur-fitur yang lebih lengkap. Ada berapa hal yang perlu diperhatikan. Langsung saja ke pembahasan.

  • Buka sistus www.win-rar.com
  • Kemudian klik tombol download yang ada pada gambar, sesuaikan dengan versi windows kalian. Jika pakai versi 32bit silahkan klik tulisan yang ada dibagian bawah tombol download.

  • Klik kembali tombol download WinRAR

  • Maka otomatis file akan terdownload ke computer kita, jika kalian menggunakan IDM maka kalian akan mendapatkan jendela popup seperti berikut

B. Cara instal Winrar

Jika filenya sudah di download, kita lanjut ke proses install winrar di windows 10 ini.Perosesnya sangatlah mudah dan tidaklah sulit, seperti yang sudah saya bilang tadi. Caranya adalah :

  1. Buka terlebih dahulu file installer Winrar yang sudah di download tadi.
  2. Jika muncul jendela notifikasi, klik YES. Jika tidak ada, lanjut ke langkah selanjutnya.
  3. Disini bisa langsung instal Winrar nya, dengan cara klik tombol Install.

  • C:Program Files\Winrar : Ini merupakan lokasi, tempat dimana Winrar akan diinstall.
  • Browse : Jika kalian ingin mengubah lokasi installnya, bisa lewat tombol browse. Saran saya lebih baik untuk diinstall di sistem, tapi sesuai kebutuhan saja.
  • Tunggu proses installnya selama beberapa saat. Nggak sampai 1 menit prosesnya.

  • Jika sudah selesai maka akan muncul jendela baru. Silakan klik OK.

Fungsi dari jendela ini adalah untuk mengatur format apa saja nanti yang bisa dibuka dengan Winrar. Disesuaikan lagi kalau perlu.

  • Kemudian klik Done

Setelah selesai proses pemasangan, nanti akan muncul folder dimana shortcut Winrar terletak. kalian bisa langsung menutupnya saja. Setelah selesai melakukan installasi, selanjutnya saya akan menjelaskan caranya untuk mengekstrak file.

C. Cara ekstrak file dengan winrar

Jika dibandingkan cara install, maka cara ekstraknya justru lebih mudah lagi. Karena file kompress (RAR atau ZIP) semuanya akan berubah menjadi file yang otomatis dibuka oleh Winrar.

Langkah-langkahnya adalah :

  • Cari terlebih dahulu file yang ingin di ekstrak

  • Klik kanan file tersebut > kemudian klik Ekstrak here.

  • Lalu akan muncul folder baru, itulah hasil ekstraknya.

Mudah sekali bukan ? Itulah cara-cara install winrar di windows 10 dan proses untuk ekstrak pada winrar, proses yang sangat cepat tidak sampai lima menit. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Terimakasih

Artike Lainnya  Memperbaiki error 0x80070057 ketika tidak bisa install Windows