Mungkin kalian berfikir bagaimana cara untuk install driver laptop dengan mudah tanpa mencari satu persatu ketika kalian selesai install ulang sistem operasi windows kalian pada laptop, karena mungkin akan ada bnyak jenis driver yang perlu kalian install agar laptop bisa berjalan dengan baik dan lancar.

Pasalnya, komputer atau laptop yang windowsnya sudah lama tidak dilakukan update atau sudah terkena virus di salah satu software hingga menyebabkan sebagian software lain terkena imbasnya, menjadikan kita sebagai pengguna sangat tidak nyaman memakainya dikarenakan sangat lemot, dan terjadi bug pada beberapa software pada komputer atau laptop.

Maka dari itu, di perlukan install ulang Windows baru agar komputer atau laptop dapat beroperasi dengan lancar kembali. Yang terkadang menimbulkan masalah yang kita buat sendiri adalah ketika kita melakukan install ulang windows pada komputer atau laptop kita, namun kita lupa melakukan backup driver-driver hardware yang terinstall pada komputer atau laptop kita. Bagi kalian yang pernah merasakannya pasti tau, rasanya seperti nano-nano campur aduk. Hal itu membuat beberapa orang tentu saja sangat kerepotan karena harus mencari satu-persatu driver dari berbagai website produsen hardware. Oleh karena itu, saya akan membagikan cara alternatif yang memudahkan kita untuk mencari semua driver yang kita butuhkan dengan menggunakan software pencari driver online maupun offline.

Artike Lainnya  Cara Menghitung Jumlah Kata Pada Microsoft Word

Berikut ini daftar software yang bisa di download secara gratis dan memudahkan kalian untuk mencari driver hardware:

  • DriverPack Solution

cara install driver laptop

Software pencari driver otomatis ini, paling populer dan paling banyak di gunakan banyak orang. Ketika kita baru menginstall software ini, otomatis software akan melakukan instalasi driver yang hilang pada sebuah perangkat komputer atau laptop. User Interface pada software ini sangat simple dan mudah di mengerti. Software ini support di Windows XP / Vista / 7 / 8 / 10 baik yang 32-bit maupun 64-bit.

Terdapat dua versi dari software ini, dan kedua versi ini memiliki perbedaan yang dimana versi pertama yaitu DriverPack Solution Offline, merupakan versi Full Package yang memiliki ukuran 9 GB berbentuk file iso, dan sudah tidak memerlukan koneksi internet untuk mencari driver. Versi kedua adalah DriverPack Online yang hanya memiliki ukuran 8 MB saja, tapi untuk mencari driver sesuai dengan hardware kita, komputer atau laptop kita harus terhubung dengan koneksi internet.

  • Driver Booster 8 Free

Software Driver yang kedua ini juga berguna untuk mencari driver kita yang hilang di komputer atau laptop kita secara otomatis. Driver Booster 8 Free dapat mencari driver yang sudah rusak pada komputer atau laptop kita lalu di update dengan mencarinya di Google. Sayangnya software ini hanya memiliki versi online yang mengharuskan kita terkoneksi internet untuk mencari sebuah driver. Software ini bisa di install pada Windows 2000 / XP / 7 / 8 / 10, selain bisa mencari driver secara otomatis, Driver Booster 8 Free memeliki fitur backup yang memungkinkan untuk menginstall kembali driver yang lama, jika misalnya driver yang baru di install justru tidak stabil pada komputer atau laptop kita. Driver Booster 8 Free memiliki ukuran 25 MB.

  • SlimDrivers Free

cara install driver laptop

SlimDrivers adalah software untuk mengupdate driver secara otomatis dengan fitur yang dimiliki secara real time scanning dan menggunakan teknologi cloud. Cara kerja SlimDrive dengan melakukan scanning pada komputer atau laptop, mengidentifikasi driver yang sesuai dan di perlukan, kemudian mengunduhnya dari fitur cloud.

Ketiga Software tersebut bisa install driver laptop dengan mudah. Namun, jika ingin tetap mendownload driver langsung dari website produsen hardware tetap bisa menjadi pilihan bagus, karena para produsen biasanya memberikan kelebihan khusus pada driver yang bisa meningkatkan kemampuan sebuah hardware.

Sekian tutorial cara install driver laptop windows dengan mudah. Mohon maaf jika terdapat tata bahasa yang keliru dan ada penulisan yang salah. Semoga bermanfaat, Sekian dan Terima kasih.

Artike Lainnya  Tips memilih Harddisk internal laptop yang baik