1. Tentukan kampus tempat kuliah

Sebelum kita mengambil putusan untuk melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi, alangkah baiknya kita memilih kampus mana yang sesuai dengan keinginan kita. Karena ada pepatah memilih posisi belajar menentukan prestasi. Jarak kampus dengan tempat kerja juga menjadi pertimbangan utama supaya efisiensi dan efektif

2. Ambil jurusan sesuai pekerjaan

Jika mengambil jurusan kuliah yang sejalur dengan pekerjaan, hal tersebut akan memberikan banyak manfaat untuk kita. Kita bisa dengan cepat menguasai pekerjaan baru karena ilmu yang telah didapatkan di perkuliahan atau sebaliknya. Kita bisa menambah banyak ilmu yang bisa meningkatkan nilai, karena kita telah terjun langsung di dunia kerja dengan mempraktikkan ilmu kuliah yang telah didapat. Namun, jika kita tetap tidak bisa menemukan jurusan kuliah yang sesuai dengan pekerjaan, cobalah untuk mencari jurusan yang memang sesuai dengan jadwal serta kemampuanmu. Jangan terlalu memaksakan diri, karena jika kita melakukan pekerjaan di luar batas kemampuan, bukan hal positif yang didapatkan, tapi kuliah dan kerja Anda akan menjadi berantakan.

3. Mengambil kelas sore(karyawan) / On Line

Teknologi yang semakin berkembang ternyata juga mempengaruhi dunia pendidikan. Salah satunya adalah hadirnya sistem perkuliahan berbasis online. Meskipun kita tidak hadir ke kampus atau bertatap muka langsung dengan dosen, namun akan banyak keuntungan yang bisa kita dapatkan dari sistem kuliah online. Waktu kuliah fleksibel yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan sehari-hari. Pada akhirnya akan menghasilkan daya serap dan pemahaman belajar yang lebih baik. Beberapa kampus juga memberikan fasilitas layanan kelas sore/karyawan yang bisa kita pilih, mau ambil regular senin – kamis atau kelas weekend sabtu dan minggu.

Artike Lainnya  Cara Menggunakan Google Classroom di Laptop Atau HP

4. Mengajukan ijin kepada perusahaan

Menyampaikan ijin kepaada perusahaan sangatlah perlu, hal tersebut sangat penting! Jangan sampai terlewat. Karena dengan begitu, perusahaan akan memahami kondisi kita dan jika perusahaan tetap membutuhkan jasa kita, kerja dan kuliah pun bisa kita jalani dengan seimbang.

5. Perhatikan biaya

Mayoritas karyawan yang memilih bekerja sambil kuliah menggunakan penghasilan mereka untuk meringankan biaya kuliah. Selain dengan cara bekerja sambil kuliah, kita bisa meringankan biaya kuliah dengan mendapatkan beasiswa atau kita bisa mengajukan bantuan pembiayaan untuk dana pendidikan. Atur pengeluaran sebaik mungkin,Menyisihkan penghasilan untuk di tabung dan kurangi kegiatan yang tidak perlu, hemat itu lebih baik.

6. Pastikan untuk tetap produktif

Jadwal yang padat dalam kegiatan bekerja dan kuliah tentunya akan menjadi faktor utama memicu kelelahan, oleh karena itu jangan sampai lupa untuk istirahat. Dengan mengatur jadwal dan istirahat yang cukup akan menjadikan kita tetap produktif dalam bekerja, semua berjalan sesuai dengan planning yang sudah dibuat. Kegiatan perkuliahanpun masih bisa kita ikuti dengan baik

7. Profesionalisme

Kegiatan utama kita adalah bekerja untuk membiayai kuliah, jangan dibalek karena nanti niat dan tujuannya akan berbeda. Ketika perusahaan menuntut kita kerja ekstra time maka kita lebih mengutamakan pekerjaan kita untuk bisa selesai lebih cepat dan baik. Kita harus mempunyai semangat dalam bekerja, sehingga ketika kuliah kita juga bisa menjalankan sepenuh hati

8. Jangan pernah menunda

Dalam setiap aktifitas kita jangan mempunyai sikap menunda, karena itu bagian dari komitmet dalam bekerja dan menjalankan kuliah. Menunda akan menjadikan kegiatan / pekerjaan menumpuk, dan pada akhirnya kita sendiri yang akan kesulitan dalam menjalankannya.

Artike Lainnya  Cara Setting Nama Hostpost dan Password MiFi