Dalam kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai bahasa pemrograman terpopuler di dunia, nah sebelum lanjut ada baiknya kita ketahui dulu apa itu bahasa pemgrograman. Bahasa pemrograman merupakan untaian kata-kata berupa instruksi atau perintah-perintah yang biasanya terdiri dari banyak baris yang bisa dimengerti oleh komputer. Bahasa pemrograman ini digunakan oleh seorang developer untuk membuat sebuah website, aplikasi, atau produk digital lainnya. Untuk membuatnya maka digunakan juga bahasa pemrograman yang sesuai dengan kebutuhan yang akan dibuat tersebut.
Jumlah bahasa pemrograman ini sangat banyak. Dari sekian banyak bahasa pemrograman yang ada saat ini, para developer tidak menggunakan seluruh bahasa pemrograman yang ada. Mereka hanya menggunakan 1 atau 2 bahasa pemrograman.

Fungsi Bahasa Pemrograman untuk Website

Website terbuat dari baris-baris kode yag menjadi sebuah file. Setiap file terhubung dengan file yang lainnya melalui fungsi yang sudah dideklarasikan didalamnya. Pemrograman website terkenal dengan MVC yaitu model, view, controller yang memisahkan proses pada pengembangan website.
Secara umum ada beberapa fungsi utama dari sebuah bahasa pemrograman, yaitu :
1. Sebagai media komunikasi antara operator dengan mesin
2. Menjadi media yang mengoperasikan sebuah mesin
3. Sebagai media bagi programmer dalam mengembangkan sebuah aplikasi
4. Memberikan perintah kepada mesin dan komputer

 

Jenis Bahasa Pemrograman

1. JAVA

Java merupakan bahasa pemrograman yang dapat dijalankan di berbagai platform, dari mulai PC sampai perangkat mobile. Bahasa pemrograman ini awalnya dikembangkan pada The Green Project pada tahun 1991 oleh Sun Microsystem yang kemudian dilepas pada Oracle. Nama Java sendiri dipilih karena salah seorang pendiri Java, James Gosling, sangat menyukai kopi murni yang langsung digiling dari mesin giling (kopi tubruk) dimana kopi jenis ini berasal dari pulau Jawa di Indonesia.

Java menjadi salah satu bahasa pemrograman terpopuler bukan karena tanpa alasan, bahasa pemrograman ini memiliki beberapa kelebihan seperti misalnya bisa berjalan di sistem operasi yang berbeda-beda, kemudian bahasa pemrograman ini termasuk kedalam pemrograman OOP (pemrograman orientasi objek) sehingga programer lebih mudah dalam menyusun program menggunakan bahasa ini, selain itu bahasa ini juga memiliki library yang lengkap sehingga akan sangat memudahkan programer. Tidak hanya berfungsi untuk membuat aplikasi desktop, Java juga digunakan untuk membuat aplikasi mobile. Java merupakan bahasa pemrograman website yang paling populer tahun 2018.

Artike Lainnya  4 Cara mudah merubah gambar jpg ke jpeg

 

2. C

C# adalah bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh Microsoft. C# ini menggabungkan prinsip dari C dan C++. C# ini banyak digunakan untuk mengembangkan software yang menggunakan platform Windows.

 

3. C++

C++ merupakan bahasa pemrograman pengembangan dari bahasa C. C++ dan C memiliki sintaks penulisan yang hampir sama, meski begitu kedua bahasa pemrograman ini memiliki perbedaan pada penyelesaian masalahnya. Pada bahasa C penyelesaian masalah dilakukan dengan membagi-bagi ke dalam sub-sub masalah yang lebih kecil lagi atau bisa disebut bahasa pemrograman prosedural, sedangakan C++ berorientasi pada objek dimana permasalahan dibagi-bagi ke dalam class-class. C++ pertama kali dikembangkan oleh Bjarne Stroustrup.
C++ ini menjadi bahasa pemrograman yang populer karena banyak juga perusahaan-perusahaan software besar yang menggunakan bahasa ini untuk membangun software nya seperti Adobe, Firefox, ataupun Winamp yang sekarang pengembanganya di hentikan.

 

4. Javascript

Sejarah JavaScript dimulai sekitar tahun 1994, ketika internet dan website sedang mengalami perkembangan yang pesat. Website pada saat itu umumnya dibuat menggunakan bahasa pemograman PERL yang pemrosesannya hanya bisa dilakukan di sisi web server. Javascript menempati urutan ketiga dengan persentase pencarian 8.56 % setelah Python. Dengan Javascript pengembangkan website menjadi menarik dan interaktif. Maka banyak saat ini banyak website yang menggunakan Javascript pada kode program di dalamnya. Tidak mengherankan, karena Javascript pada awalnya memang dikembangkan dengan tujuan untuk membuat sebuah website.

Sedangkan Netscape menjadi perusahaan teknologi yang beruntung dapat mengembangkan Javascript dan berguna untuk banyak developer sampai dengan saat ini.Tidak hanya digunakan untuk membuat website, penggunaan JavaScript juga mengarah ke pengembangan aplikasi mobile, game, dan desktop.Kelebihan Javascript seperti tidak membutuhkan resource memory besar (ringan dan kecil), tidak membutuhkan resource memory besar (ringan dan kecil), dinamis, dan mudah untuk dikembangkan. Sedangkan untuk kekurangannya adalah script yang digunakan pada Javascript tidak terenkripsi, bukan untuk pengembangan aplikasi stand alone, dan memiliki keterbatasan objek. CSS dan HTML juga merupakan bahasa pemrograman yang wajib diketahui oleh developer website. Ada tiga bahasa komputer yang wajib diketahui oleh developer website yaitu Javascript, CSS, dan HTML.

Artike Lainnya  Belajar dasar Microsoft Excel

 

5. PHP

PHP adalah sebuah bahasa script yang tidak melakukan sebuah kompilasi dalam penggunaannya. Web Server yang mendukung PHP dapat ditemukan dimana–mana dari mulai apache, IIS, Lighttpd, hingga Xitami dengan konfigurasi yang relatif mudah. Dalam sisi pengembangan lebih mudah, karena banyaknya milis–milis dan developer yang siap membantu dalam pengembangan.
PHP memiliki kelemahan security tertentu apabila programmer tidak jeli dalam melakukan pemrograman dan kurang memperhatikan isu dan konfigurasi PHP. Tidak ideal untuk pengembangan skala besar. Berbeda dengan java, fungsi bahasa pemrograman ini tidak memiliki sistem pemrograman berorientasi objek yang sesungguhnya (sampai versi 4 ini). Tidak bisa memisahkan antara tampilan dengan logik dengan baik (walau penggunaan template dapat memperbaikinya).

 

6. Visual Basic

Visual Basic adalah bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh Microsoft. Bahasa pemrograman ini menawarkan IDE visual dalam pembuatan software, dan bahasa pemrograman ini dikembangkan untuk membuat software-software berbasis sistem operasi Windows. VisualBasic sendiri adalah keturunan dari bahasa pemrograman BASIC.

 

7. CSS

Cascading Style Sheet (CSS) adalah sebuah aturan untuk mengendalikan beberapa komponen dalam sebuah web sehingga akan lebih terstruktur dan seragam. CSS bukan merupakan bahasa pemograman. Sama halnya styles dalam aplikasi pengolahan kata seperti Microsoft Word yang dapat mengatur beberapa style, misalnya heading, subbab, bodytext, footer, images, dan style lainnya untuk dapat digunakan bersama-sama dalam beberapa berkas (file).Pada umumnya CSS dipakai untuk memformat tampilan halaman web yang dibuat dengan bahasa HTML dan XHTML. CSS dapat mengendalikan ukuran gambar,warna bagian tubuh pada teks, warna tabel, ukuran border, warna border, warna hyperlink, warna mouseover, spasi antar paragraf, spasi antar teks, margin kiri, kanan, atas, bawah, dan parameter lainnya.CSS adalah bahasa style sheet yang digunakan untuk mengatur tampilan dokumen. Dengan adanya CSS memungkinkan kita untuk menampilkan halaman yang sama dengan format yang berbeda.

 

8. HTML

HTML adalah singkatan dari HyperText Markup Languange merupakan bahasa web atau markup internet yang berasal dari kombinasi antara text dan informasi berupa simbol atau kode yang akan dimasukan kedalam suatu file guna membuat suatu halaman situs. Secara singkat mengenal HTML adalah bahasa markup internet yang beguna untuk membuat suatu website.
Melalui aplikasi browser atau penjelajah internet seperti Google Chrome, Internet Explorer dan Mozilla Firefox, website yang sudah dibuat lewat HTML akan dapat dilihat oleh siapa saja yang terkoneksi dengan jaringan internet. Dalam mengenal HTML dapat menampilkan bermacam informasi pada software di website browser dan juga formating hypertext yang tertulis dalam ASCII atau American Standard Code for Information Interchange.

Artike Lainnya  Aplikasi streaming TV online tanpa buffering

 

9. Python

Dalam tingkatan bahasa pemrograman, Python termasuk bahasa tingkat tinggi. Python menjadi salah satu bahasa pemrograman yang dapat membangun aplikasi, baik itu berbasis web ataupun berbasis mobile. Bahasa phyton ini termasuk kedalam bahasa pemorgraman yang cukup mudah bagi pemula, karena bahasa tersebut mudah untuk dibaca dengan syntax yang mudah untuk dipahami juga. Banyak perusahaan besar menggunakan Phyton dalam pengembanganya seperti Instagram, Pinterest dan Rdio. Python juga digunakan oleh para developer Google, Yahoo!, dan juga NASA.

 

10. Kotlin

Kotlin ini merupakan salah satu bahasa permrograman yang sedang naik daun. Kotlin ini memfokuskan untuk pengembangan aplikasi pada os android yang saat ini masih di dominasi oleh java, akan tetapi kotlin ini merupakan versi “penyempurnaan dan peningkatan” dari java maka dari itu bahasa pemrograman kotlin ini bisa digunakan secara bersamaan dengan java ketika membuat sebuah aplikasi pada os android. Kotlin ini resmi dikenalkan oleh google pada acara tahunan mereka yaitu google I/O 2017, dulunya dikembangkan oleh tim jetbrain dan sekarang sudah menjadi open source sejak dikenalkan oleh google I/O 2017.

 

11. Swift

Bahasa pemgrograman Swift ini resmi dikenalkan pada public pada tahun 2014 oleh Apple dalam sebuah acara tahunan milik mereka yaitu Apple world wide developer conference (WWDC) di amerika. Kotilin ini bahasa yang resmi yang dapat digunakan pada seluruh perangkat buatan apple, bahasa pemrograman ini termasuk dalam objek fungsional yang dirancang agar dapat bekerja dengan objective-C.

 

12. Ruby

Bahasa pemgroraman ini pertama kali dikembangkan oleh yukihiro matsumoto pada tahun 1993 dan pada desember 1994 dirilis versi alpha dijepang, bahasa pemgroraman ini banyak digunakan oleh para perusahaan maupun startup diberbagai belahan dunia untuk mengembangkan web maupun webapp mereka karena ruby ini memiliki banyak keunggulan diantaranya: mudah dipahami, cepat, efiesiensi dan maintenace yang mudah dan cepat dan juga efesiensi biaya dalam pengembangan saat live production. Pengguna ruby sudah banyak seperti shopify, bukalapak, gojek, crunchbase, zendesk, alodokter dll.