bahaya menggunakan software bajakan, Dalam keseharian penggunaan komputer maupun laptop kita sehari hari banyak menggunakan software maupun sistem operasi berbagai jenis, ini salah satu indikator menunjukan bahwa komputer merupakan suatu perangkat yang penting pada abad 21 yang digunakan untuk berbagai kebutuhan dan juga pekerjaan atau kegiatan pada abad ini dimana apapun sudah serba teknologi. Nah dalam penggunaan software maupun sistem operasi yang kalian gunakan bisakah kalian membedakan mana software yang original atau berlisensi resmi dan mana yang versi bajakannya?. Dalam masyarakat kita sudah banyak yang menggunakan software “berlisensi” akan tetapi itu lisensinya tidak jelas asal usulnya hanya asal menguduh dari internet padahal bisa saja software itu telah di Crack dan kemudian dibagikan di internet, Padahal jika dilihat software bajakan ini banyak memiliki dampak yang negatif. ini bahaya pengguna software bajakan.

Untuk kalian yang belum tahu tentang perbedaan antara software original dan bajakan, disini kita akan menjelaskan perbedaannya. Perbedaannya adalah software original dapat kalian miliki dengan cara membeli lisensi yang resmi dari pengembang perangkat lunak tersebut, dimanapun tempat kalian membelinya. Contohnya jika kita membeli sebuah lisensi Microsoft Windows dengan harga lebih daru 2 juta di sebuah toko penjualan software resmi, disitu kita akan mendapat kode aktivasi secara online, dvd installer dan stiker. Contoh yang lain adalah kalian membeli sebuah aplikasi di play store, sedangkan untuk yang bajakan kalian bisa mendapatkannya secara gratis yang tersebar di internet.

Artike Lainnya  Cara Menginstal dan Mengkonfigurasi MongoDB di Ubuntu 18.04 LTS

Dilihat dari kemudahannya, banyak masyarakat yang berpikiran kalau yang gratis ada, untuk apa beli yang mahal. Dengan pemikiran seperti ini tidak mengejutkan jika banyak orang di indonesia yang lebih memilih menggunakan software bajakan dari pada yang original, karena antara yang original dan bajakan memiliki fungsi yang sama. Dan juga bisa diakali dengan software crack yang banyak di internet.

Fun Fact: “ biaya yang dikeluarkan untuk memiliki perangkat laptop/komputer biaya pembeliannya lebih mahal dan banyak dari sisi software. Untuk contoh kalian membeli sebuah laptop dengan harga 7 juta maka untuk dari sisi software kalian harus mengeluarkan lebih banyak, jika kalian membeli lisensi windows 10 harganya kisaran 2 juta kemudian jika kalian membeli microsoft office harganya sekitar 3,5 juta. Dan kemudian membeli aplikasi download manager seharga 500 ribu, kemudian membeli software antivirus seharga 400rb per tahun, dan membeli adobe acrobat pdf seharga 1,2 juta. Nah grand total software yang standar sekitar 7,6 juta, itu baru yang standar minimal kalian gunakan setiap hari. Jika kalian seorang desainer/video editor software adobe photosop/ corel draw harganya diatas 7 jutaan/ tahun. Atau adobe premier/ 3ds max yang harganya puluhan juta.”

Dalam kesempatan kali ini kita akan mengulas tentang bahaya dari menggunakan software bajakan solusi software alternatif. Saya akan mengulas lebih jauh tentang seberapa bahaya dampak dari menggunakan software bajakan. Kita rasa untuk keuntungannya sudah tidak perlu saya jelaskan lagi yah, salah satunya adalah gratis. Jadi kita bisa menggunakan software tersebut tanpa perlu membayar, Sedangkan untuk kerugiannya bisa kalian lihat di bawah ini. Kerugian Menggunakan Software Bajakan:

1. Kita tidak mendapatkan update aplikasi dari pengembang, update tersebut meliputi penambahan fitur baru dan pembenahan bug yang ada pada versi sebelumnya.

Artike Lainnya  Mengatasi accespoint UniFi gagal adopt di UniFi Controller terbaru

2. Data yang ada pada perangkat yang menggunakan software bajakan menjadi tidak aman, kenapa? Silahkan kalian lihat poin selanjutnya.

3. Coba kalian pikirkan dengan baik-baik, apa keuntungan dari orang yang membuat patch / crack / apk-cracked? Padahal untuk membuat sebuah crack tidaklah mudah, membuat sebuah software crack sangatlah sulit tidak semudah kita mengupload software crack tersebut ke internet. Banyak orang yang menggunakan software bajakan tidak memikirkan sampai ke sini. Keuntungan dari orang yang membuat crack tersebut yang paling berbahaya adalah dia sudah berhasil dalam menempatkan celah / backdoor pada perangkat yang kalian gunakan. Oleh karena itu mereka bsa dengan mudah mengambil data-data penting atau memerintahkan perangkat kalian untuk mengeksekusi perintah ternetu. Kalian bisa mencari di google menggunakan kata kunci “Hacking android with apk file backdoor”.Itulah alasan mengapa kadang saat kalian akan menginstall software bajakan mengharuskan kalian mematikan antivirus kalian. Jika tidak berbahaya tidak mungkin terdeteksi antivirus, karena harus mematikan antivirus sudah jelas bahwa itu software yang berbahaya.

4. Banyak orang yang menggunakan software bajakan sebagai media untuk belajar. Disini harus kalian pikirkan, apakah kalian yakin ilmu yang kalian dapatkan itu tidak mengambil hak kekayaan intelektual perusahaan/perorangan?

5. Dan setelah kalian menggunakan software bajakan kemudian menggunakan ilmu yang kalian dapat untuk mecari uang. Apakah kalian yakin rejeki tersebut halal? Apakah duit hasil kerja menggunakna software bajakan itu berkah?

6. Bahaya mengintai setiap saat dari mulai virus yang susah dihilangkan hingga ransomware yang langsung merusak semua data kita yang berada di komputer. Bagaimana jika file sangat penting perusahaan maupun tugas kulian yang kalian kerjakan selama bertahun tahun hilang begitu saja karena ransomeware yang berada dalam software bajakan yang kita pakai, alih-alih agar lebih bisa berhemat malah kalian akan rugi sangatlah besar.

Artike Lainnya  Rekomendasi Laptop 3 jutaan untuk pelajar

Jika dipikir menggunakan logika, software bajakan itu adalah hasil dari pencurian, dan kalian menggunakan hasil curian tersebut untuk mencari rejeki?

Note: Untuk poin nomor 4 dan 5 tidak berlaku untuk kalian yang betul-betul mengumpulkan uang untuk membeli software original yang diinginkan dan sudah menerapkan solusi dibawah ini.

Terus gimana caranya untuk menghemat uang kita dari penggunaan software tersebut?

Solusi dan Saran

Nah untuk solusi sementara maupun selamanya kalian dapat menggunakan software GNU/GPL alias software gratis untuk kalangan umum yang dikembangkan oleh para developer software dari seluruh dunia. Ada banyak software yang telah dikembangkan dengan kemampuan dan fitur yang yang tidak kalah daripada software yang berlisensi. Dalam beberapa kasus software GNU/GPL malahan lebih bagus dan direkomendasikan para ahli, contoh untuk server lebih baik menggunakan Debian/Centos daripada Windows server. Berikut ini saran dan solusi yang dapat kalian terapkan:

1. Kalian bisa coba menggunakan software pengganti dari software bajakan yang ingin kalian gunakan, misalnya untuk Internet Download Manager kalian bisa menggantinya menggunakan Free Download Manager, kemudiann Office bisa kalian ganti menggunakan Libre Office / WPS Office, sedangkan untuk system operasi Windows bisa kalian ganti menggunakan system operasi yang open source seperti Ubuntu, Mac OS, BSD Family dan sebagainya.

2. Apabila memang fungsi dari software tersebut tidak bisa tergantikan dengan software gratis yang lain, maka kalian bisa mencoba mengumpulkan uang sambil menggunakan software bajakan tersebut untuk sementara, tapi disini kalian harus memastikan firewall dan antivirus dalam keadaan aktiv dan secepat mungkin membeli veris original dari software tersebut ketika uang yang kalian kumpulkan sudah cukup. Saya yakin jika kalian bekerja dengan sungguh-sungguh kalian pasti bisa membeli versi original dari software yang kalian pakai.