Dari beberpa aplikasi yang tersedia untuk remote komputer kami telah merangkum aplikasi terbaik untuk remote komputer. Pernahkah Anda suatu ketika harus memonitor kinerja sistem di tempat yang banyak? Apa Anda harus mengunjungi satu-satu tempat komputer itu berada? Mungkin, Anda bisa mencoba aplikasi remote komputer. Aplikasi ini menggunakan jaringan ekstranet. Kegunaan ekstranet sangat dibutuhkan dalam pengaplikasian teknologi remote ini, khususnya bagi perusahaan yang memiliki banyak cabang. Aplikasi remote desktop atau sebutan lainnya remote access software atau remote control software adalah aplikasi yang memungkinkan Anda untuk mengontrol komputer lain dari jarak jauh. Dengan aplikasi ini, Anda bisa mengambil alih kendali komputer lain yang terhubung menggunakan mouse dan keyboard yang ada di komputer di hadapan Anda. Secara umum, agar bisa mengakses komputer yang berada jauh dari tempat Anda sekarang, Anda harus menginstal aplikasi yang disebut host di komputer yang akan dikendalikan. Setelah itu dilakukan, komputer atau perangkat lain dengan hak akses yang valid, atau sebutannya klien, dapat terhubung ke host dan mengendalikannya. Berikut ini daftar aplikasi-aplikasi aplikasi-aplikasi remote pc yang sangat worth it untuk anda:

  • Team Viewer

salah satu aplikasi remote komputer terbaik adalah teamviewer. TeamViewer merupakan salah satu aplikasi remote terbaik yang bisa kalian andalkan. Banyak fitur yang bisa digunakan pada aplikasi ini. Meskipun begitu, Anda tidak akan kesulitan saat menginstal dan menggunakan TeamViewer, karena Anda tidak perlu mengubah konfigurasi router atau firewall yang digunakan pada jaringan internet Anda. TeamViewer mendukung video, panggilan suara, chatting, transfer file, wake-on-LAN (WOL), dan bahkan bisa melakukan reboot PC secara remote dan kemudian terkoneksi kembali secara otomatis. Dari sisi host atau komputer yang ingin dikendalikan, OS yang terinstal bisa Windows, Mac, atau Linux. Ada tiga pilihan installer yang bisa Anda pilih. Versi full dengan installer untuk versi lengkapnya, versi portable atau disebut TeamViewer QuickSupport jika Anda ingin melakukan remote hanya sekali atau jika ada kondisi tidak memungkinkan menginstal TeamViewer pada komputer host, atau TeamViewer Host untuk Anda yang akan melakukan remote pada komputer host secara berkelanjutan. Sedangkan dari sisi klien, TeamViewer memiliki sejumlah pilihan untuk terhubung ke komputer yang ingin Anda kendalikan. Ada aplikasi yang dapat diinstal ataupun versi portable-nya untuk komputer ber-OS Windows, Mac, dan Linux, juga ada aplikasi mobilenya untuk smartphone iOS, BlackBerry, Android, dan Windows Phone.

  • Aero Admin
Artike Lainnya  Mengenal apa itu teknologi jaringan 5G

Aero Admin merupakan aplikasi remote desktop yang bisa digunakan baik pada komputer admin dan komputer klien. Kalian hanya perlu download file berukuran 2 MB saja untuk bisa mulai menjalankan fungsi remote desktop. Aplikasi ini juga secara otomatis mendeteksi konfigurasi jaringan kalian, tidak peduli apakah komputer yang kalian gunakan (2 atau lebih) berada pada satu jaringan LAN yang berbeda. Tentunya kalian juga bisa melakukan copy, edit, tambah, dan hapus file serta resume upload / download melalui aplikasi ini. Dari segi keamanan, aplikasi ini menggunakan enkripsi AES dan RSA yang tergolong sangat aman untuk transfer data.

  • AnyDesk

AnyDesk bisa dibilang merupakan aplikasi remote desktop yang tergolong lebih cepat dari keempat aplikasi sebelumnya. Dengan kecepatan transfer frame hingga 60 fps (TeamViewer hanya 30 fps), membuat pergerakan di layar komputer yang kalian kendalikan terasa halus dan lancar. Aplikasi yang berukuran hanya 1 MB ini dan didukung oleh enkripsi TLS ini juga mendukung akses ke berbagai program dan file yang ada pada komputer tujuan, termasuk layanan transfer file. Jika kalian adalah seorang yang bekerja di bidang multimedia dan ingin melakukan monitoring pekerjaan multimedia dari rekan kalian, AnyDesk sangat cocok kalian gunakan mengingat kecepatan dan stabilitas yang dimiliknya.

  • Remote PC

Aplikasi remote desktop yang satu ini juga tidak kalah bagus dengan kedua aplikasi sebelumnya. Remote PC menawarkan fitur remote desktop yang mudah di mana kalian hanya perlu instal aplikasi ini di kedua komputer yang akan terhubung dan share ID kalian yang di-generate secara otomatis, kemudian remote desktop siap digunakan. Kalian juga bisa merekam sesi remote desktop yang berjalan, transfer file, chatting, dan melakukan print secara remote dari komputer kalian. Sama seperti kedua apliksi sebelumnya, Remote PC juga menggunakan enkripsi AES.

  • Ammyy Admin
Artike Lainnya  Pengertian dan fungsi Router Jaringan

Ammyy Admin adalah aplikasi remote desktop yang benar-benar portable dan pengaturannya sangat sederhana. Aplikasi ini bekerja dengan menghubungkan satu komputer ke komputer lain melalui ID yang disediakan oleh aplikasi. Dari sisi host, Anda cukup menjalankan aplikasi Ammyy Admin pada komputer yang ingin diakses. Anda tak perlu menginstal aplikasi ini kok, cukup dijalankan aja. Dari menu yang disebut Ammyy, kamu dapat memilih Service dan menginstal Service Ammyy Admin. Sehingga Anda dapat mengakses komputer lain tanpa harus menjalankan programnya secara manual. Dari sisi klien, Anda cukup perlu menjalankan aplikasi portablenya dan memasukkan ID dari komputer host. Setelah terhubung, Anda bisa melakukan hal-hal seperti menggunakan clipboard pada komputer host, voice chat, serta mentransfer file dari dan ke komputer host.

  •  UltraVNC

Sebenarnya, aplikasi UltraVNC ini hampir sama dengan Remote Utilities, di mana server dan viewer diinstal pada kedua PC, dan viewer sendiri digunakan untuk mengontrol server. Dari sisi host, Anda bisa memilih apakah mau menginstal Server, Viewer, atau keduanya. Anda harus menginstal Server pada komputer yang ingin Anda kendalikan. Anda dapat menginstal Server UltraVNC sebagai service pada sistem sehingga agar komunikasi bisa selalu berjalan. Dari sisi klien, Anda harus menginstal Viewer pada saat setup installer. Lalu, setelah Anda mengkonfigurasi port forwarding di router, Anda dapat mengakses server UltraVNC dari mana saja dengan koneksi internet, baik melalui perangkat mobile yang mendukung koneksi VNC, komputer yang terinstal Viewer, atau melalui browser. Yang penting, Anda memasukkan alamat IP Server (Host) agar bisa terkoneksi. Kelebihan UltraVNC diantaranya adalah dukungan transfer file, chat, share clipboard, dan dapat melakukan boot dan terhubung ke server pada saat Safe Mode.

Artike Lainnya  5 Program Pelatihan Sertifikasi DevOps Terbaik

Itulah tadi aplikasi remote komputer terbaik yang bisa kalian gunakan untuk me-remote PC klient kaian. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.