Saat ini website adalah salah satu elemen penting untuk komunikasi dan informasi baik itu perorangan, tempat bisnis, lembaga dan sebagainya.Dan saat ini sudah memiliki website mereka masing-masing sesuai fungsi dan tujuannya.

Dan ketika website ini menjadi besar dan banyak pengunjung tentu tidak bisa ditempatkan lagi di tempat hosting standar akan tetapi ditempatkan di virtual private server atau VPS. Dengan vps tersebut website akan memiliki banyak sumberdaya yang dibutuhkan untuk melayani pengunjung di website.

Kali ini akan membahas pengertian virtual private server, fungsi dari vps, dan manfaat ketika menggunakan vps atau virtual private server.

Apa itu VPS dan Cara kerjanya

Virtual Private Server adalah sebuah server virtual yang memiliki sumber daya khusus serta ditempatkan di dalam server fisik ditempat datacenter private maupun publik yang digunakan untuk menyimpan dan mengolah data serta file dari sebuah website maupun aplikasi yang tersimpan.

Dengan begitu sebuah sistem website ataupun aplikasi dapat bekerja optimal karena memiliki sumberdaya khusus yang dibutuhkan, berbeda dengan hosting biasa yang menggunakan satu sumberdaya dan digunakan secara bersama sehingga membuat hosting terasa lambat.

Cara kerja dari vps ini adalah sebagai penyedia file dan database dari aplikasi ataupun website, jadi ketika para pengunjung mengaksesnya maka browser akan mengirimkan permintaan file ataupun data yang diperlukan ke server melalui internet.

Dengan menggunakan teknologi virtualisasi dari software teknologi bernama hypervisor, server fisik memungkinkan dibagi sumberdayanya menjadi beberapa bagian. Jadi urutan letak vps ini adalah; Server fisik → sistem hypervisor → vps.

Karena vps ini merupakan “virtual server” jadi anda hanya dapat mengelola vps secara maya/virtual karena vps ini tidak memiliki server fisik. Ibarat anda menyewa sebuah kamar hotel jadi anda bisa mengelola dan memiliki hak sewa terhadap kamar saja akan tetapi kita tidak bisa mengelola dan mencampuri kamar hotel lain.

Artike Lainnya  Cara install dan setting Bind9 di server Linux debian

Fungsi-fungsi dari VPS

Ada banyak sekali fungsi-fungsi atau cara memanfaatkan virtual private server (VPS) ini. Karena tergantung dari anda sebagai pengelolanya, akan tetapi anda bisa menyimak beberapa fungsi vps yang perlu diketahui:

  • Website bertrafik besar
    Virtual private server adalah salah satu pilihan tepat untuk website anda. Karena dengan vps yang memiliki sumberdaya terpisah serta tinggi, ini sangat bermanfaat untuk website yang kita kelola agar tidak mengalami error bahkan down ketika diakses oleh para pengunjung
  • Kustomasi web app
    Dengan keleluasaan pengelolaan vps dapat dimanfaatkan untuk menempatkan software kostumasi seperti aplikasi email hosting, web kasir, penjualan, absensi, hr&payroll dan aplikasi internal perusahaan lainya.
  • File hosting
    Karena dapat di upgrade penyimpananya, vps ini dapat digunakan untuk server file milik perusahaan atau lembaga secara private agar terjaga kerahasiaan data serta tidak mudah hilang.
  • VPN Server
    Sekali lagi dengan keunggulaan bisa dikelola sendiri vps ini bisa juga digunakan untuk vpn server atau virtual private network.
  • Server remote
    Vps bisa di install windows dan dapat digunakan mode gui, dengan begitu vps windows dapat digunakan selayaknya komputer biasa tanpa harus memiliki hardware fisik, ini bisa juga di install aplikasi serta untuk keperluan automatisasi.
  • Server Uji Coba
    Biasanya sebelum aplikasi digunakan secara umum akan diupload di vps untuk ujicoba publik agar dapat meningkatkan performa dari aplikasi itu sendiri.
  • Tempat Backup
    Data menjadi amat penting dalam perusahaan untuk itu vps dapat digunakan menjadi tempat backup data serta tempat backup full akun dari sebuah website atau aplikasi.
  • Server game
    Saat ini ada beberapa game yang bisa dihostingkan sendiri seperti game minecraft, jadi kamu bisa mengakses game tersebut dalam vps dengan lebih cepat dan stabil.
Artike Lainnya  Menghubungkan smartphone ke wifi tanpa ketik password

Manfaat VPS untuk Website Bisnis anda

Nah setelah mengetahui banyak sekali fungsi dari vps, anda juga perlu mengetahui manfaat yang akan dirasakan ketika website bisnis anda menggunakan vps sebagai server utamanya.

  • Keleluasan Pengelolaan
    Dengan sumberdaya yang terpisah, kita bisa mengatur vps dengan keinginan kita. misalkan anda gunakan vps ini untuk website pelanggan tetapi juga bisa ditambahkan aplikasi web untuk internal perusahaan sehingga lebih terpusat pengelolaanya. Bahkan anda mendapatkan kontrol penuh os hingga level adminstrator tertinggi yang tidak akan di dapatkan dalam hosting standar.
  • Skalabilitas
    Selain keleluasaan pengelolaan vps, Skalabilitas adalah salah satu keuntungan untuk menggunakan vps dalam pengelolaan bisnis anda. Karena dengan hal ini ketika kita belum terlalu membutuhkan sumberdaya yang besar, vps akan bisa menghemat anggaran dan ketika bisnis anda bertumbuh maka mudah untuk melakukan upgrade vps dengan terencana.
  • Fitur vps
    Virtual private server adalah solusi yang tepat untuk bisnis anda jika ingin menggunakan berbagai macam teknologi terkini karena dapat dengan mudah kita konfigurasi tanpa harus meminta bantuan pada technical support dari hosting.
  • Keamanan dan privasi
    Karena vps ini merupakan virtual server yang terisolasi satu dengan yang lainya maka anda tidak perlu lagi khawatir tentang keamanan data serta privasi anda. Karena and bisa dengan mudah mengaturnya.
  • Sumberdaya terbaik
    Mendapatkan alokasi sumberdaya secara khusus dari vps ini dimulai dari ram, core cpu, penyimpanan, bandwith jaringan lebih terjamin karena memang ketika kita membeli vps akan mendapatkan hal tersebut

Kesimpulan dan Penutup

Dengan penjelasan virtual private server diatas, bisa disimpulkan bahwa vps ini sangat direkomendasikan untuk para pelaku bisnis maupun nonbisnis yang membutuhkan sumberdaya server mandiri, handa, dan mudah dalam pengelolaanya.

Artike Lainnya  Cara setting wifi di access point ZTE

Ada banyak sekali penyedia vps di indonesia, kalau anda tertarik untuk mencoba menggunakan vps anda bisa membeli sewa untuk 1 bulan saja. Di Niagahoster anda dapat mencoba sewa vps satu bulan saja dan rasakan perbedaanya.