1.Systeminfo

erintah systeminfo akan memberikan informasi konfigurasi terperinci computer anda. Hal ini mencakup sistem operasi dan perangkat keras. Misalnya, tipe processor, versi BIOS, informasi OS dan lainnya.

perintah command prompt yang wajib diketahui

Gambar 1. Tampilan Systeminfo

 

2. Ping

Ping digunakan untuk mengecek konektivitas antar satu computer dengan lainnya. Hal ini dilakukan dengan mengirimkan sebuah pesan ICMP ke alamat IP yang hendak diujiciba konektivitasnya dan menunggu respon darinya.

10 perintah command promp yang wajin diketahui

Gambar 2. Tampilan hasil ping

 

3. Ipconfig

Perintah ipconfig pada Sistem operasi windows berfungsi untuk menampilkan konfigurasi IP computer. Dengan menggunakan perintah ini maka anda dapat melihat konfigurasi IP apa saja yang telah diatur di komputernya.

10 perintah command prompt

Gambar 3. Tampilan hasil ipconfig

 

4. Tracert

Perintah tracert atau traceroute pada linux digunakan untuk melacak rute lintasan yang dilalui oleh paket dari PC anda ke alamat IP atau domain tujuan. Perintah tracert diikuti dengan destinasi alamat IP atau domain

10 perintah command prompt yang wajib diketahui

Gambar 4. Tracert ke youtube.com

 

5. Tasklist

Mirip dengan task manager, perintah tasklist digunakan untuk memberikan daftar semua task dan services yang sedang berjalan pada PC anda. Anda bisa menggunakan command tasklist –svc untuk melihat service aktif.

10 perintah command prompt yang wajib diketahui

Gambar 5. Hasil perintah tasklist

 

6. Taskkill

Dengan perintah taskkill kita dapat mematikan task atau service aplikasi yang sedang bekerja pada computer. Anda dapat melakukan perintah tasklist terlebih dahulu untuk melihat list task dan service yang berjalan.

10 perintah command prompt yang wajib diketahui

Gambar 6. Tampilan taskkill

 

Artike Lainnya  Cara meningkatkan performa komputer untuk bermain game

7. Netstat

Netstat digunakan untuk memonitor jaringan dan informasi yang terkait dengan koneksi port, antara lain alamat IP yang terhubung, status koneksi dan aplikasi yang digunakan. Netstat juga bisa disebut sebagai port scanner.

10 perintah command prompt yang wajib diketahui

Gambar 7. Tampilan Netstat

 

 8. Nslookup

Nslookup adalah perintah yang digunakan untuk mengetahui IP dari sebuah domain. Nslookup sering dipakai untuk mendiagnosa permasalahan jaringan yang berhubungan dengan dns.

10 perintah command prompt yang wajib diketahui

Gambar 8. Nslookup

 

9. Sfc /scannow

Perintah sfc berfungsi sebagai alat pemindai dan perbaikan otomatis yang berfokus pada file sistem windows. Anda perlu menjalankan command promt dengan run administrator dan memasukkan perintah “sfc /scannow”.

10 perintah command prompt yang wajib kalian ketahui

Gambar 9. Proses scanning sistem

 

10. Powercfg –energy

Jika Anda menggunakan Laptop atau device lain yang menggunakan baterai. Perintah powercfg –energy adalah perintah yang digunakan untuk melihat aplikasi atau apapun yang menyebabkan baterai device anda cepat habis dan melihat permasalahan lainnya.

10 perintah command prompt yang wajib kalian ketahui

Gambar 10. Hasil perintah Powercfg –energy

 

itu dia teman-teman mengenai 1 perintah command prompt yang wajib diketahui agar lebih mudah ketika menggunakan command prompt di windows 10, windows 8 maupun windows yang lainnya.